Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mengatasi Komputer not responding otomatis

Ketika kita sedang membuka beberapa aplikasi pada komputer atau laptop, yang sering membuat kita jengkel adalah masalah not responding yang tiba-tiba membuat aplikasi blank. Keadaan ini hampir dialami semua pengguna komputer.

Kali ini sedikit kami ulas mengenai mengatasi not responding program komputer yang sering terjadi di program aplikasi komputer kita,. Komputer Not responding otomatis tentu akan mengganggu dan memperlambat kerja kita, dan bahkan ada yang sampai menunggu lama untuk hal masalah ini. 

Mengatasi komputer not responding otomastis sebenarnya bukanlah hal yang sulit. cukup mudah dan simple saja. Namun tentu bagi yang belum tahu akan membuat puyeng kepala.

Sebenarnya ini adalah tips dan trik yang sangat mudah untuk dilakukan, dan langkahnya pun sederhana. Kita bisa mengatasi not responding secara otomatis pada aplikasi komputer kita dengan sekejap saja. 


Gambar masalah not responding pada aplikasi komputer


Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi komputer yang not responding secara tiba-tiba, yaitu:

Melalui Task Manager

Pada Keyboard Klik Ctrl + Alt + Del Akan muncul jendela pilihan, Silahkan pilih program/Aplikasi yang ingin anda hilangkan not responding, Kemudian klik End Task.

Gambar fungsi task manager pada komputer


Melalui Registry Editor
  1. Buka registry editor dengan cara klik start - run - lalu ketik REGEDIT
  2. Setelah itu cari key HKEY_CURRENT_USER - Control Panel - Desktop
  3. Kemudian cari String Value bernama AutoEndTasks.
  4. Klik ganda dan isikan nilainya dengan 1.
  5. Kemudian cari juga String Value di key yang sama bernama WaitToKillAppTimeout dan isikan angka (milisecond) sesuai yang dikehendaki. Misal mengisi 20000 ms, maka itu sama dengan 20 s (detik).
Dengan langkah diatas, Anda akan dengan mudah mengatasi masalah not responding pada aplikasi komputer. Kali ini anda sudah tidak lagi merasa terganggu oleh munculnya program not responding yang otomatis muncul di komputer. OK. Semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat.