Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TRIK CARA MEMPERBAIKI CATRIDGE PRINTER RUSAK ATAU KERING

Memperbaiki katridge printer rusak memang sedikit susah. Namun, akan terasa mudah jika sudah mengetahui teknik dan caranya. Katridge memang bagian yang paling sensitive  dari printer, sebagian besar kerusakan Printer disebabkan karena masalah pada katridge-nya.

Biasanya kerusakan pada katridge printer disebabkan karena kita salah menyuntik tinta dan terlalu kasar dalam pemasangan dan pelepasan katridge tinta pada printer.

Gambar cara dan teknik servis catride printer kering, rusak, atau tersumbat


Jika Anda mengalami kendala seperti ini jangan buru-buru mengganti katridge tinta printer yeach, sebab  sebenarnya katrid tinta masih bisa diperbaiki dan bagi anda yang tertarik dengan hal ini bisa langsung belajar Trik memperbaiki katridge tintaprinter yang rusak dan mempraktekannya di printer yang bermasalah di katridnya.


Berikut trik memperbaikinya:
  1. Rendam Cartridge dengan air yang sedikit panas, kurang lebih 15 – 30 Menit buka bagian atas penutup cartridge dengan cara mencongkelnya memakai alat sejenis obeng (min) yang lancip.
  2. Setelah Terbuka, ana akan menemukan busa didalam cartridge, lepaskan busa secara perlahan, cuci hingga bersih, hal ini dikarenakan banyaknya tinta yang mengering hingga menyumbat bagian dari serat busa.
  3. Keringkan Busa dengan tenaga matahari
  4. Bersihkan juga tank (bak) cartridge dengan menggunakan tissue atau bahan kain yang lembut.
  5. Setelah Semua Proses Selesai pengeringan dll, pasang lembali busa.
  6. Tutup tank (bak) dengan lem perekat sejenis power glue.
  7. Pada saat pengeleman yang perlu di perhatikan, jangan sampe kena contact chip atau kuningannya.    
  8. Setelah Semua Proses Selesai tambahkan/suntukan tinta kira-kira 30% dari tank. biarkan tinta meresap, tunggu 15 menit.
  9. Sampai langkah ini sebenarnya sudah bisa, tapi akan lebih baik, Setting di cleaning, pada properties printer anda, lakukan berulang kali.

Semua langkah diatas sebaiknya Anda lakukan dengan lembut dan hati-hati agar tidak mengakibatkan masalah baru di katrid tinta yang di perbaiki.

Oke, semoga informasi teknik memperbaiki katridge tinta printer rusak dapat membantu Anda. Selamat mencoba.