Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Backup Data Penting di Komputer

Salah satu cara untuk mengamankan data dan mengantisipasi kehilangan data di komputer akibat kehapus, atau kena virus dan lainya yaitu dengan cara aman backup data penting komputer kita.di kesempatan ini Blogger Beken akan bahas sedikit tentang cara backup data komputer yang baik.

Backup data adalah sebuah tehnik untuk mengamankan data. Tujuanya adalah apabila data kita dirusak oleh virus, corrupt, hilang, atau tidak sengaja terhapus, kita tetap merasa aman karena telah menyimpan/membackup data tersebut ke media penyimpanan lainya.

Gambar mem-backup data penting di komputer kita

Backup data sangat penting dilakukan bagi setiap orang yang banyak menyimpan data penting di komputer atau laptop. Data penting ini akan sangat rawan jika kita biarkan saja di komputer tanpa kita backup ke media penyimpanan lain. Jika suatu saat komputer kita rusak, atau terserang virus dan file data kita corrupt maka tamatlah, otomatis kita akan kehilangan data penting tersebut. Maka backup data harus dilakukan.

Namun kita harus berhati-hati dalam menyimpan backup data pribadi. Simpan backup data tersebut di tempat yang aman dan hanya Anda saja yang tahu. Banyak sekali media yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data backup, misalnya : menggunakan disket, (disket sekarang sudah tidak banyak digunakan lagi), USB Flashdisk, harddisk eksternal, atau burning pada CD dan DVD Writers/Re-Writers, dan lainya.

Itulah langkah aman backup data penting di komputer kita untuk menjaga agar tidak kehilangan data penting tersebut. Sekian semoga bermanfaat.