Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Masuk BIOS Notebook Atau Laptop

Albar Computer - Untuk cara masuk BIOS Notebook atau laptop sebagian merk menerarapkan system yang berbeda, misalkan dengan menekan tombol Esc, F2, Deleted, Alt  atau ada juga yang menggunakan tombol spasi. Namun kebanyakan merek menggunakan cara yang hampir sama. untuk masuk BIOS notebook atau laptop begini caranya.
  1. Buka Notebook dan tekan tombol power untuk menyalakan
  2. Untuk masuk BIOS di kebanyakan merk Notebook/Laptop menggunakan tombol F2, jadi setelah menekan tombol power silahkan tekan tombol F2 untuk masuk BIOS. Setelah berhasil masuk silahkan lakukan etting BIOS Anda. Untuk Installasi Window menggunakan CD/DVD ilahkan setting boot configurasi 1 di CD/DVD room, sedangkan untuk Install windows lewat USB /flash disk setting boot configuration 1 di USB flash disk.
Jika Anda ingin melihat system yang digunakan notebook atau melihat informai dari tombol-tombol keyboard yang muncul silahkan tekan ‘esc’ sehabis menekan tombol power. Setelah itu lihat pesan-pesan yang muncul:

Gambar Panduan Cara Masuk BIOS Notebook Atau Laptop

F1 : Tekan tombol ini untuk melihat informasi hadware system notebook/laptop. Dan untuk kembali ke menu utama lagi tekan tombol Esc lagi.

F2 : tekan tombol ini untuk mendiagnosa system, biasanya ada beberapa pilihan. Dan tekan Esc untuk kembali ke menu utama.

F7 : Tekan tombol ini untuk mengaktifkan SpareKey.

F9 : Tekan tombol ini untuk melihat menu opsi booting.

F10 : Tekan tombol ini untuk melihat dan merubah, seperti jamdan tanggal.

F11 : Tekan tombol ini untuk Recovery system.

F12 : Tekan tombol ini untuk Boot dari Network.

Untuk menginstall cukup masukkan cd boot windows atau linux dan pada saat ada opsi Press anykey to boot from cd/dvd, anda tekan sembarang tombol. Dan jika opsi tersebut tidak muncul coba anda tekan F12 untuk daapt boot dari CD.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai cara masuk BIOS notebook/ laptop. Semoga berguna.