Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Cara Mengoperasikan Laptop Yang Baik Dan Benar

Barang elektonik seperti Komputer PC atau Laptop memang membutuhkan skill dan pengetahuan yang cukup untuk mengoperasikannya. Memakai laptop yang baik dan benar harus dilakukan agar Laptop awet dan bekerja dengan maksimal serta tidak menimbulkan efek negatif terhadap si pemakai.


Gambar wanita memakai dan mengoperasikan laptop dengan benar

Di kesempatan ini Albar Computer akan share beberapa tips buat anda tentang 7 cara memakai laptop yang baik dan benar. Ok. Langsung saja berikut ini adalah tips yang kami maksud.
  1. Buatlah patokan ( jadwal ) untuk penggunaan laptop anda, penggunaan laptop secara terus-terusan tanpa pandang waktu pasti akan membuat laptop cepat panas, kondisi ini akan menurunkan performa hardware, dengan memperhatikan hal ini anda sudah melakukan perlindungan pada LCD laptop anda, karena LCD laptop adalah hardware paling rentan terhadap panas.
  2. Menjaga sirkulasi udara pada laptop. Usahakan untuk tidak menyalakan laptop pada permukaan yang empuk seperti bantal, kasur dan sejenisnya, hal ini dapat menutup rongga casing laptop bagian bawah sebagai tempat masuk udara yang akibatnya sirkulasi yang terjadi kurang sempurna.
  3. Biasakan menggunakan laptop pada tempat yang terbuka jangan ditempat tertutup dengan suhu yang panas, dan hindari menggunakan laptop di bawah terik matahari
  4. Hindari untuk mengaktifkan Setting Overclock, setting ini akan memaksa setiap hardware untuk bekerja secara berlebihan, selain cepat memanaskan suhu, hal ini dapat membuat komponen hardware tidak mampu bekerja lama dan cepat rusak.
  5. Lakukan pembersihan secara berkala pada laptop anda, agar rongga laptop serta lubang sirkulasi udara tidak tersumbat.
  6. Tambahkan Pendingin external, seperti cooling pad atau jika mentok tidak mampu beli cooling bisa anda letakkan kipas angin di samping anda saat menggunakan laptop dan arahkan pada laptop anda.
  7. Jangan pernah menyamakan Kekuatan Laptop dengan PC, karena sangat jauh berbeda Intinya, gunakan laptop seperlunya.
Nah, itulah 7 tips cara memakai laptop yang baik dan benar agar laptop awet dan si pemakai juga sehat dan aman. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.