Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Komputer Rusak

Panduang tentang cara servis/memperbaiki hardisk yang rusak ini akan membantu anda untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada hardisk PC/Laptop Anda. Hardisk merupakan media penyimpanan yang lazim di gunakan dalam perangkat komputer saat ini. ada banyak tipe hardisk namun intinya semua komponen yang ada di dalam hardisk adalah sama. hardisk dapat menyimpan banyak file dan data-data yang berukuran besar, itulah mengapa banyak orang lebih memlilih hardisk sebagai media penyimpanannya. Namun hardisk juga memiliki beberapa kelemahan yang akibatnya dapat membuat kerusakan. artikel Cara Servis Hardisk yang rusak akan membahas beberapa kerusakan pada hardisk dan cara memperbaikinya secara mudah dan aman. Berikut uraianya.

Jika Anda perhatikan ada beberapa komponen penting yang dimiliki sebuah hardisk. Bagian yang keras terdiri dari serangkaian trek melingkar disebut disk. Setiap disk dibagi menjadi beberapa bagian berbentuk pie yang disebut sektor. Sektor-sektor ini nantinya yang akan menyimpan data magnetis yang Anda simpan. Bad sektor pada hardisk sering terjadi karena motor listrik mengirimkan spindle pusat bagian dari disk tidak dapat dibaca.

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk

Cara Memperbaiki Hardisk 1 : Periksa Kesehatan Hardisk secara berkala


Cara paling mudah untuk mengetahui kegagalan hard drive adalah dengan menjalankan CHKDSK, Check Disk, dan Utilitas. Ini adalah sebuah aplikasi bawaan windows yang memungkinkan Anda untuk memindai hard drive Anda untuk mendeteksi terjadinya kesalahan. Fungsi lain dari perangkat ini adalah untuk mengembalikan hardisk ke performa puncaknya. Ini bekerja dengan menandai zona kesalahan dan memerintahkan komputer Anda untuk melewatkan atau memperbaiki mereka. Berikut adalah cara memperbaiki hardisk :

  1. Buka “My Computer”
  2. Pilih hard drive Anda, klik kanan ikon hard drive.
  3. Pilih “Properties”.
  4. Klik “Tools” tab.
  5. Klik “Check Now”.
  6. Untuk perbaikan menyeluruh klik Automatically fix file system errors” and “Scan for and attempt recovery of bad sectors”
  7. Jika Anda melihat window dialog baru, klik “Schedule disk check” to start.

Cara Memperbaiki Hardisk 2 : Fragment Data agar hardisk bekerja lebih cepat

Cara selanjutnya adalah memperbaiki masalah hardisk dengan mengorganisir data. Anda harus mengambil langkah-langkah untuk defrag data untuk memperbaiki masalah hardisk yang mengakibatkan kinerja Semakin menurun. Jika Anda memiliki kesalahan registri, Anda mungkin perlu untuk membersihkan registri untuk mengatur hard drive Anda secara efisien. Cara defragment :

1.    Buka “Start” Menu
2.    Klik pada “Computer”
3.    Klik kanan C: drive atau gambar hard drive Anda.
4.    Gulir ke bawah ke Klik “Properties”
5.    Pada Menu Properties, Buka menu “Tools”.
6.    Pilih “Defragment Now”.
7.    Pada menu Disk Deframenter. Klik “Defragment”

baca juga Cara Men-Defrag dan Membuat Hard Disk Lebih Cepat Kerjanya

Cara Memperbaiki Hardisk 3 : Bersihakan Sampah yang mengganggu

Banyaknya file sampah di dalam komputer membuat kinerja hardisk menjadi berat dan jika hal ini berkepanjangan maka akan menyebabkan hardisk cepat rusak. Cara membersihkan sampah dan memperbaiki penyebab hard drive lambat dikarenakan data yang tidak efisien.

1.    Klik “Start”
2.    Pilih “Program”
3.    Buka “Aksesoris”
4.    Pilih “System Tools”
5.    Klik “Disk Cleanup”.

Demikian penjelasan tentang Cara servis Hardisk, semoga bermanfaat.